Seri Karbohidrat: Manakah yang Terbaik? Nasi Putih, Nasi Merah, atau Nasi Hitam?

10:02:00


Nasi. Ya, seperti halnya yang sering disinggung dalam beberapa artikel penulis, nasi adalah jenis makanan sumber karbohidrat yang sangat akrab dengan orang Indonesia. Nasi memang agak sulit dari diet harian masyarakat Indonesia, tetapi tahukah bahwa diet nasi juga dapat divariasikan? Ya, karena nasi tidak hanya nasi beras putih, ada juga nasi beras merah, dan juga nasi beras hitam. Mari kita bahas bersama dalam artikel ini.


GOOD. Nasi beras putih sebenarnya baik untuk kesehatan, hanya jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Makanlah nasi dalam porsi sewajarnya (2 centong, misalnya) ditambah lauk hewani, lauk nabati, sayur, dan buah. Jangan menambahkan lagi makanan jenis karbohidrat lainnya, kecuali dengan takaran yang pas.

Nasi beras putih dibedakan dengan beberapa varietas beras yang diklasifikasikan menjadi bulir pendek, bulir sedang, dan bulir panjang. Apa sih perbedaannya? Beras bulir panjang memiliki bentuk panjang dan kurus, sedangkan beras bulir sedang sekitar 2-3 kali lebih lebar. Beras bulir pendek jauh lebih lebar, tetapi lebih pendek.

Beras bulir panjang. Beras ini telah melalui proses penggilingan tiga hingga empat kali. Contoh dari beras jenis ini adalah beras bulir panjang Amerika, beras basmati, dan beras jasmine. Ketika dimasak, maka akan menghasilkan teksturnya agak keras, kering, dan tidak lengket, serta tidak mudah pecah. Hal itu dipengaruhi oleh kandungan amylose-nya yang cukup tinggi (22-28%).­ Beras ini lah yang disebut sebagai beras pera. Di Indonesia, beras jenis ini lebih akrab dengan nama dagang Beras Rojolele, Beras Mentik, dan Beras Sentra Ramos.

Beras bulir sedang. Jenis beras ini lebih lembab, lembut, kenyal, dan lengket ketika dimasak. Jika dibandingkan dengan beras bulir pendek, ia lebih tidak gampang pecah ketika dimasak dan tidak terlalu pera jika dibandingkan beras bulir panjang. Di Indonesia, beras jenis ini akrab dengan nama dagang Beras Pandan Wangi, yang merupakan varietas padi lokal unggulan dari Cianjur.

Beras bulir pendek. Ketika dimasak, beras jenis ini akan 'menggemuk' dengan tekstur lengket dan lembut. Inilah yang disebut dengan beras pulen. Hal ini disebabkan kandungan amylose yang umumya lebih kecil dari 15%. Apa sih sebenarnya amylose? Amylose adalah polisakarida yang memiliki fungsi sebagai pengeras, pengikat air, penstabil emulsi (emulsion stabilizer), dan pembentuk gel. Semakin tinggi kadar amylose pada suatu varietas beras, maka akan semakin rendah beban glikemiknya. Hal ini sangat baik untuk penderita diabetes, sehingga bagi penderita diabetes tidak disarankan mengonsumsi beras jenis ini.

BETTER. Salah satu faktor yang menyebabkan beras merah lebih baik atau lebih sehat untuk dikonsumsi adalah karena kandungan serat di dalamnya yang lebih tinggi dibandingkan beras putih. Kandungan seratnya sekitar 2,5 kali lebih banyak dbandingkan beras putih. Hal ini juga mempengaruhi indeks glikemik nasi beras merah yang lebih rendah dibandingkan nasi beras putih, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Bagi yang belum terkena diabetes, mengonsumsi nasi beras merah dapat menjadi solusi sehat diet sehat harian. Kalau belum terbiasa, dapat memasaknya dicampur dengan beras putih dengan perbandingan beras merah dan beras putih 1:1 atau 2:1. Dijamin, kekenyalannya tidak akan jauh berbeda dengan nasi beras putih yang biasa kita makan. Kandungan seratnya yang tinggi juga dapat melancarkan pencernaan. Nasi beras merah kaya akan magnesium, mangan, fosfor, zinc, dan mineral lainnya. Nasi beras merah juga kaya akan vitamin B kompleks.

BEST. Nasi yang memiliki nama beken Forbidden Rice ini adalah nasi yang memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan nasi beras putih, ataupun beras merah. Jelas jika harganya juga lebih mahal. Nasi beras hitam kaya akan antosianin yang merupakan antioksidan bagi tubuh. Zat pigmen antosianin inilah yang membuat nasi atau beras menjadi berwarna gelap. Zat ini juga terdapat pada buah-buahan kayak antioksidan lainnya seperti bluberry atau anggur.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada tahun 2010 di American Chemical Society, melaporkan bahwa satu sendok makan penuh beras hitam (setara dengan 10 sendok beras hitam  masak) mengandung jumlah yang sama dari antosianin sebagai satu sendok penuh blueberry segar. Serta menjadi serupa dalam hal antioksidan, beras hitam mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak serat dan vitamin E antioksidan dari blueberry (Kamo, 2016).

Nasi beras hitam juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan liver, serta baik untuk menjaga berat badan tetap normal. Hal ini karena kandungan serat pada nasi beras hitam juga yang tertinggi dibandingkan jenis nasi lainnya. Sering mengonsumsi nasi beras hitam juga dapat mempercepat penyembuhan apabila terjadi luka, terutama pada kulit.

Itulah sekilas penjelasan mengenai nasi dan beras. Nasi dari beras jenis apapun semuanya baik asal dikonsumsi secara bijak dan tidak dikonsumsi secara berlebihan.
p>



Jadi, apakah kalian sudah siap melaksanakan One Day No Rice, seperti halnya yang diterapkan oleh Kota Depok? Dengan menu karbohidrat yang beragam, tak perlu takut hidup tanpa nasi.

You Might Also Like

0 Leave comment